PERBEDAAN MESIN 2JZ GTE & RB26 DETT
Selamat datang di Blog saya
Mesin 2JZ-GTE 3.0 Turbo terutama dipasang pada sport coupe Supra RZ, serta Aristo, tetapi dalam dua generasi pertama. Hanya diproduksi di Jepang dari tahun 1991 hingga 2002. Hal tersebut merupakan respon dari perbaikan mesin Nissan (RB26DETT N1) yang telah menjadi favorit di sejumlah kejuaraan. Pada tahun 1997, pengembang Jepang memutakhirkan 3.0 liter twin-turbo 2JZ-GTE, sebagai akibatnya model tersebut menerima sistem timing katup variabel - VVT-i.
Spesifikasi:
Perpindahan mesin, cm kubik | 2997 |
Tenaga maksimum, h.p. | 280 - 324 |
Torsi maksimum, N * m (kg * m) pada rpm. | 427 (44) / 4000 432 (44) / 3600 451 (46) / 3600 |
Bahan bakar yang digunakan | Premium Bensin (AI-98) Bensin AI-98 |
Konsumsi bahan bakar, l / 100 km | 11.9 - 14.1 |
tipe mesin | 6 silinder, 24-katup, DOHC, berpendingin cairan |
Menambahkan. informasi mesin | injeksi bahan bakar multipoint |
Daya maksimum, hp. (kW) pada rpm | 280 (206) / 5600 324 (238) / 5600 |
Rasio kompresi | 8.5 |
Diameter silinder, mm | 86 |
Piston stroke mm | 86 |
Pompa konpresor | Turbin Pengisian turbo ganda |
Jumlah katup per silinder | 4 |
- Mesin Toyota 2JZ-GTE 3.0 dilengkapi dengan blok 6 silinder segaris (besi cor) dan kepala 24-katup (aluminium). Namun, tidak ada pengangkat hidrolik;
- Penggerak waktu - tipe sabuk;
- Kekuatan unit daya adalah - 275-330 hp. (jika untuk Jepang ada batasan dalam produksi mesin 280 hp, maka di wilayah, misalnya, Amerika Serikat, angka ini mencapai 330 hp;
- Mesin turbo diberkahi dengan sistem pengapian tanpa distributor langsung dari modifikasi pertama mobil (1991);
- Konsumsi bahan bakar - kota (15.5 liter), jalan raya (9.6 liter), jika kita mengambil contoh Supra 1995 dengan transmisi manual;
- Sumber daya mesin yang dinyatakan oleh pabrikan adalah 300.000 km, tetapi menurut ulasan, mesin ini mampu melewati 500.000;
- Mesin mencakup dua turbin dengan intercooler, sistem tenaga injeksi, langkah piston, serta diameter silinder, adalah 86 mm;
- Sistem injeksi - MPFI (multi point fuel injection)
- Sistem pengapian (ketahanan yang buruk terhadap kelembaban)
- Sumber daya katup sistem VVT-i rata-rata sekitar 100 ribu km
- Penghancuran serat turbin yang relatif cepat
- Braket penegang sabuk waktu

- RB26 - 2.6 L (2568 cc, bore: 86.0 mm, stroke: 73.7 mm)
- "D"menunjukkan overhead cam ganda sebagai lawan overhead cam tunggal
- "E" menunjukkan port mesin individu secara elektronik injeksi bahan bakar
- "S" Menunjukkan mesin tersebut telah terkarburasi.
- "T" menunjukkan mesin setelan pabrik telah dipasang turbocharger
- "TT" mengindikasikan mesin setelan pabrik telah dipasang Twin-turbocharger
- "P" menunjukkan mesin berjalan pada LPG (Liquefied petroleum gas)
- Engine Code: RB26DETT
- Layout: Inline 6 cylinder Twin-turbo DOHC 24V
- Displacement: 2.6L (2,568 cc)
- Fuel System: Electronic Fuel Injection
- Cylinder Bore: 86.9 mm (3.42″)
- Piston Stroke: 73.7 mm (2.90″)
- Compression Ratio: 8.5:1
- Power: 276 hp at 6,800 rpm
Keduanya adalah mesin yang mengagumkan, Mesin itu telah menggerakkan dua mobil performa tinggi paling terkenal dan hanya dengan sedikit modifikasi kedua mesin itu mampu memberikan lonjakan performa yang menakjubkan.
Dua duanya sama sama menggunakan blok mesin tempa + sistem noken as ganda atau DOHC + dia buah turbocharger + kepala silinder dari aluminium dan berkonfigurasi 6 silinder segaris, bahkan kekuatan mesin per liternya hampir sama yaitu 106.15 di mesin RB26DETT dan 106.66 di 2JZ.
Namun perbedaan utamanya terletak di kubikasi kedua mesin tersebut, Nissan RB26 berkubikasi 2.6 liter sementara 2JZ 3 liter jadi secara umum mesin 2JZ lebih bertenaga daripada RB26 dalam keadaan standar dimana mesin 2JZ standar bertenaga 320HP @ 5600RPM dan 427Nm @ 4400 RPM sementara Nissan RB26 bertenaga 276HP @ 6800 RPM dan 392 Nm @ 4400 RPM.
Perbedaan utama lainnya adalah geometri kedua mesin tersebut dimana 2JZ adalah mesin square yang artinya mesin itu memiliki diameter piston dan langkah yang sama (86mm x 86mm) sementara RB26 bertipe over square atau piston lebih besar (86mm) dibandingkan langkahnya (73.7mm)
Tapi kelebihan mesin ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan tenaga sampai 1000 HPdalam keadaan blok mesin standar, dalam kasus ekstrim modifikasi mampu dilakukan hingga mencapai tenaga 1000 HP ++
Sumber: https://youtu.be/TS-tbQG75EE
Bermanfaat sekali infonya
ReplyDeleteThanks bro
ReplyDeleterifki bagas giovinazzi
ReplyDeletesantoso
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBagus
ReplyDeletehrusnya vid stutu nya gnti jdi review innopa 2jz yg di garasi drift wowkwkwkw
ReplyDeletecumi darat====
Delete