PERBEDAAN MESIN 2JZ GTE & RB26 DETT

Selamat datang di Blog saya


Kali ini saya akan membahas perbedaan mesin 2JZ GTE dengan mesin RB26 DETT. Sebagian besar pasti kamu sudah pernah mendengar nama kedua mesin tersebut bukan? baik kalau belum tau tenang saja, karena saya akan menjelaskanya kali ini. Jadi baca sampe abis ya biar paham perbedaan kedua mesin tersebut.



2JZ GTE

Mesin 2JZ-GTE 3.0 Turbo terutama dipasang pada sport coupe Supra RZ, serta Aristo, tetapi dalam dua generasi pertama. Hanya diproduksi di Jepang dari tahun 1991 hingga 2002. Hal tersebut merupakan respon dari perbaikan mesin Nissan (RB26DETT N1) yang telah menjadi favorit di sejumlah kejuaraan. Pada tahun 1997, pengembang Jepang memutakhirkan 3.0 liter twin-turbo 2JZ-GTE, sebagai akibatnya model tersebut menerima sistem timing katup variabel - VVT-i.

Spesifikasi:

Perpindahan mesin, cm kubik2997
Tenaga maksimum, h.p.280 - 324
Torsi maksimum, N * m (kg * m) pada rpm.427 (44) / 4000
432 (44) / 3600
451 (46) / 3600
Bahan bakar yang digunakanPremium Bensin (AI-98)
Bensin AI-98
Konsumsi bahan bakar, l / 100 km11.9 - 14.1
tipe mesin6 silinder, 24-katup, DOHC, berpendingin cairan
Menambahkan. informasi mesininjeksi bahan bakar multipoint
Daya maksimum, hp. (kW) pada rpm280 (206) / 5600
324 (238) / 5600
Rasio kompresi8.5
Diameter silinder, mm86
Piston stroke mm86
Pompa konpresorTurbin
Pengisian turbo ganda
Jumlah katup per silinder4
  • Mesin Toyota 2JZ-GTE 3.0 dilengkapi dengan blok 6 silinder segaris (besi cor) dan kepala 24-katup (aluminium). Namun, tidak ada pengangkat hidrolik;
  • Penggerak waktu - tipe sabuk;
  • Kekuatan unit daya adalah - 275-330 hp. (jika untuk Jepang ada batasan dalam produksi mesin 280 hp, maka di wilayah, misalnya, Amerika Serikat, angka ini mencapai 330 hp;
  • Mesin turbo diberkahi dengan sistem pengapian tanpa distributor langsung dari modifikasi pertama mobil (1991);
  • Konsumsi bahan bakar - kota (15.5 liter), jalan raya (9.6 liter), jika kita mengambil contoh Supra 1995 dengan transmisi manual;
  • Sumber daya mesin yang dinyatakan oleh pabrikan adalah 300.000 km, tetapi menurut ulasan, mesin ini mampu melewati 500.000;
  • Mesin mencakup dua turbin dengan intercooler, sistem tenaga injeksi, langkah piston, serta diameter silinder, adalah 86 mm;
  • Sistem injeksi - MPFI (multi point fuel injection)
Modifikasi:

Dalam beberapa peningkatan pertama, torsi adalah 435 N * m, tetapi setelah pengembang memasok VVT-i (1997), angkanya meningkat menjadi 451 N * m. Tenaga mesin asli (2JZ-GE) juga meningkat setelah turbocharging kembar. Ternyata, dengan kecepatan 5600 / menit. Tenaga turbo kembar meningkat dari 227 hp hingga 276. Kemudian mobil dimodifikasi untuk pasar Eropa dan Amerika (sejak 1997). Mesin yang diadaptasi mulai memeras 321 hp

Masalah mesin 2JZ GTE:

  1. Sistem pengapian (ketahanan yang buruk terhadap kelembaban)
  2. Sumber daya katup sistem VVT-i rata-rata sekitar 100 ribu km
  3. Penghancuran serat turbin yang relatif cepat
  4. Braket penegang sabuk waktu

Mesin 2JZ GTE













RB26 DETT

Mesin RB adalah mesin 2,0-3,0 L straight-6 four-stroke petrol/gasoline dari Nissan, yang diproduksi dari tahun 1985 hingga tahun 2004

Kedua versi SOHC dan DOHC memiliki kepala aluminium. Versi SOHC memiliki 2 katup per silinder dan versi DOHC memiliki 4 katup per silinder; setiap lobus cam bergerak hanya satu katup. Semua mesin jenis RB memiliki Semua mesin jenis RB memiliki Cams belt-driven dan blok besi cor. Kebanyakan model turbo memiliki turbo Intercooler (pengecualian menjadi cam RB20ET tunggal & mesin RB30ET), dan sebagian besar memiliki katup sirkulasi blowoff (pengecualian ketika dipasang ke Laurel dan Cefiro) untuk mengurangi lonjakan kompresor ketika throttle tertutup dengan cepat. Mesin Nissan RB berasal dari enam silinder mesin Nissan L20A yang memiliki bore dan stroke yang sama seperti RB20. Semua mesin RB dibuat di Yokohama, Jepang 

Semua mesin Nissan mengikuti konvensi penamaan, mengidentifikasi keluarga mesin (dalam hal ini, RB),

  • RB26 - 2.6 L (2568 cc, bore: 86.0 mm, stroke: 73.7 mm)
  • "D"menunjukkan overhead cam ganda sebagai lawan overhead cam tunggal
  • "E" menunjukkan port mesin individu secara elektronik injeksi bahan bakar
  • "S" Menunjukkan mesin tersebut telah terkarburasi.
  • "T" menunjukkan mesin setelan pabrik telah dipasang turbocharger
  • "TT" mengindikasikan mesin setelan pabrik telah dipasang Twin-turbocharger
  • "P" menunjukkan mesin berjalan pada LPG (Liquefied petroleum gas)

Spesifikasi:

    • Engine Code: RB26DETT
    • Layout: Inline 6 cylinder Twin-turbo DOHC 24V
    • Displacement: 2.6L (2,568 cc)
    • Fuel System: Electronic Fuel Injection
    • Cylinder Bore: 86.9 mm (3.42″)
    • Piston Stroke: 73.7 mm (2.90″)
    • Compression Ratio: 8.5:1
    • Power: 276 hp at 6,800 rpm


Mesin RB26 DETT







PERBEDAAN MESIN 2JZ GTE & RB26 DETT

Keduanya adalah mesin yang mengagumkan, Mesin itu telah menggerakkan dua mobil performa tinggi paling terkenal dan hanya dengan sedikit modifikasi kedua mesin itu mampu memberikan lonjakan performa yang menakjubkan.

Dua duanya sama sama menggunakan blok mesin tempa + sistem noken as ganda atau DOHC + dia buah turbocharger + kepala silinder dari aluminium dan berkonfigurasi 6 silinder segaris, bahkan kekuatan mesin per liternya hampir sama yaitu 106.15 di mesin RB26DETT dan 106.66 di 2JZ.

Namun perbedaan utamanya terletak di kubikasi kedua mesin tersebut, Nissan RB26 berkubikasi 2.6 liter sementara 2JZ 3 liter jadi secara umum mesin 2JZ lebih bertenaga daripada RB26 dalam keadaan standar dimana mesin 2JZ standar bertenaga 320HP @ 5600RPM dan 427Nm @ 4400 RPM sementara Nissan RB26 bertenaga 276HP @ 6800 RPM dan 392 Nm @ 4400 RPM.

Perbedaan utama lainnya adalah geometri kedua mesin tersebut dimana 2JZ adalah mesin square yang artinya mesin itu memiliki diameter piston dan langkah yang sama (86mm x 86mm) sementara RB26 bertipe over square atau piston lebih besar (86mm) dibandingkan langkahnya (73.7mm)

Tapi kelebihan mesin ini adalah kemampuannya untuk menghasilkan tenaga sampai 1000 HPdalam keadaan blok mesin standar, dalam kasus ekstrim modifikasi mampu dilakukan hingga mencapai tenaga  1000 HP ++


Sumber: https://youtu.be/TS-tbQG75EE






Comments

Post a Comment